
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARN (RPP)
IPS
KELAS IV SEMESTER 1
KD
1.6
Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro
Kelas I
Oleh
:
Ni’matul
Hadian Azizah (130210204122)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan
Sosial)
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Memahami sejarah,
kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten atau kota
dan provinsi
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme
tokoh-tokoh di lingkungannya.
C. INDIKATOR
1. Dapat
menyebutkan tokoh pahlawan daerah setempat.
2. Dapat
menyebutkan contoh sikap patriotisme
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyebutkan tokoh pahlawan daerah setempat dengan benar setelah
mendengarkan penjelasan guru.
2.
Siswa dapat menyebutkan
contoh sikap patriotisme dengan benar setelah berdiskusi dengan teman lainnya.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pahlawan-pahlawan
Bangsa
a.
Mengenal
pahlawan-pahlawan Bangsa
b.
Menghargai jasa para
pahlawan
F. PENDEKATAN, METODE, DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan
Pembelajaran : CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
Metode
Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab,
Model
Pembelajaran : Picture
and Picture, Cooperative Learning dan
Problem Solving
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
||
Kegiatan
Awal
|
1. Pembukaan
2. Apersepsi
dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi pembelajaran
|
1. Menjawab
pertanyaan yang diajukan guru.
|
5
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Menyanyikan
lagu “Ibu Kita Kartini”
2. Guru
menjelasakan bahwa Ibu Kartini salah satu contoh pahlawan bangsa
3. Guru
menjelaskan materi tentang pahlawan-pahlawan bangsa
4. Guru
menampilkan Slide presentasi “Mengenal pahlawan-pahlawan Bangsa”
5. Guru
menjelaskan bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan
6. Guru
memberikan beberapa gambar kepada siswa macam- macam pahlawan untuk
mencocokkan di tabel di depan kelas
7. Guru
mengkoreksi dan mengevaluasi jawaban siswa di depan kelas
8. Guru
memberikan tugas lanjutan berupa tugas individu yang harus dikerjakan siswa
|
1. Siswa
menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini”
2. Siswa
mendengarkan penjelasan guru.
3. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pahlawan-pahlawan bangsa
4. Siswa
menampilkan slide presentasi yang ditampilkan guru.
5. Siswa
mendengar penjelasan guru tentang bagaimana cara menghargai jasa pahlawan
6. Siswa
maju untuk menempel gambar pada tabel yang telah disediakan guru
7. Siswa
mendengarkan evaluasi dari guru
8. Siswa
mengerjakan tugas yang diberikan guru
|
60
Menit
|
Penutup
|
Penutupan
|
|
5
menit
|
H. MEDIA DAN
SUMBER BELAJAR
· Media
Pembelajaran:
a. Slide
presentasi tentang “Pahlawan-pahlawan Bangsa”
· Sumber
Belajar: BSE “Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas 4
I.
PENILAIAN
· Prosedur :
Proses dan hasil,
penilaian terhadap siswa dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan
pada akhir pembelajaran. Penilaian dalam proses dilakukan melalui tanya jawab
sedangkan penilaian akhir dilakukan melalui soal latihan.
·
Teknik : Tes
·
Bentuk : Tes tulis
(soal pilihan ganda dan uraian)
·
Soal / Instrumen : Terlampir
Mengetahui Jember,
16 Mei 2016
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
.............................................
.............................................
NIP.
NIP.
LAMPIRAN 01:
MATERI AJAR
BAB
VI
PAHLAWAN-PAHLAWAN
BANGSA
A.
Pahlawan-Pahlawan
Bangsa
Negara kita Indonesia memiliki
bermacam-macam pahlawan bangsa, antara lain pahlawan
nasional, pahlawan proklamator, pahlawan kemerdekaan nasional dan pahlawan
revolusi.
1.
Pahlawan
nasional adalah mereka yang berjuang membela
bangsa dari kekejaman bangsa penjajah. Bangsa-bangsa yang pernah menjajah
Indonesia adalah Portugis, Belanda, Inggris dan Jepang. Contoh pahlawan
nasional antara lain Pangeran Diponegoro (Yogyakarta), Sultan Hasanudin
(Makasar) dan Tuanku Imam Bonjol (Aceh).


Gambar 6.1 Pangeran Diponegoro Gambar 6.2 Sultan Hasanudin
2.
Pahlawan
Kemerdekaan Nasional. Contoh pahlawan
kemerdekaan nasional adalah Jendral Soedirman, Ki Hajar Dewantara, R.A Kartini,
dan Mohammad Husni Tamrin.


Gambar
6.3 Jendral Soedirman Gambar 6.4 Ki Hajar Dewantara
3.
Pahlawan
Revolusi adalah mereka yang gugur pada peristiwa
G 30 S /PKI.

Gambar
6.5 Pahlawan Revolusi
Termasuk Pahlawan Revolusi adalah:
a.
Jendral A. Yani f. Mayor Jendral MT Haryono
b.
Mayor Jendral R
Suprapto g. Mayor Jendral S Parman
c.
Brigadir Jendral D.I
Panjaitan h. Letkol Sugiyono
d.
Brigadir Jendral
(Anumerta) Katamso i. Letnan Satu Piere A. Tendean
e.
Brigadir Polisi Satsuit
Tubun j. Brigjen Sutoyo Siswomiharjo
4. Pahlawan Proklamator

Gambar 6.6 Bung Karno dan Bung Hatta
Pahlawan
Proklamator adalah tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Tokoh-tokoh itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.
B. Menghargai Jasa-Jasa Pahlawan Bangsa
Pahlawan adalah orang
yang gagah berani dan rela berkorban untuk membela kebenaran. Bangsa yang besar
adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Para pahlawan rela
berkorban demi menjaga dan mempertahankan negara Indonesia. Sikap menghargai
jasa para pahlawan harus kita tanamkan sejak dini.
1) Bentuk-bentuk
penghargaan terhadap para pahlawan
a. Memakamkan
mereka di tempat yang terhormat.
b. Mengabadikan
nama-nama mereka pada sebuah sekolah, rumah sakit maupun nama suatu jalan.
c. Membangun
tugu peringatan, monumen atau patung untuk mengenang dan menghormati jasa
mereka.
d. Berziarah
ke taman makan pahlawan.
e. Memperingati
peristiwa-petistiwa penting dalam perjuangan bangsa. Misal, memperingati hari
oahlawan dan memperingati Hari Kartini.
f. Ikut
mengisi kemerdekaan sesuai bidang masing-masing.
g. Meneladani
semangat kepahlawanan dan patriotisme.
2) Meneladani Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme
Meneladani
sikap kepahlawanan dan patriotisme adalah bentuk nyata penghargaan terhadap
para pahlawan. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melatih diri supaya
memiliki sifat-sifat kepahlawanan dan semangat cinta bangsa. Kita akan
meneladani sikap rela berkorban, bersedia meminta dan memberi maaf dan berjiwa
besar.
a. Sikap
rela berkorban.
Bentuk-bentuk
perbuatan rela berkorban yang sederhana, antara lain sebagai berikut:
· Menyisihkan
uang untuk membantu orang yang kurang mampu.
· Mengikuti
kegiatan bersih desa.
· Mengunjungi
orang sakit.
· Memberi
tumpangan atau penginapan kepada seseorang yang memang membutuhkan.
b. Bersedia
Meminta dan Memberi Maaf
Dengan
saling memaafkan akan tercipta kehidupan yang damai di lingkungan masyarakat.
Oleh karena itu, biasakan dirimu meminta maaf dan memberi maaf kepada siapa
saja. Hal ini akan membantu menjaga kedamaian hidup bersama. Memberi maaf
kepada orang yang bersalah juga ditekankan oleh ajaran agama.
c. Berjiwa
Besar
Memiliki
sikap berjiwa besar dalam hidup ini dapat meredam dan menghindari konflik
karena rasa aman sangat dibutuhkan manusia dalam hidupnya.
LAMPIRAN 02:
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
Tabel “Ayo Cari Tahu”
Media “Ayo Berpendapat”
merupakan media yang disiapkan guru dan ditempel di depan kelas untuk
menempelkan gambar pahlawan sesuai gelar pahlawan yang telah diketahui oleh
siswa.
Pahlawan Nasional
|
Pahlawan kemerdekaan Nasional
|
Pahlawan Revolusi
|
Pahlawan Proklmator
|
........
........
........
........
|
........
........
........
........
|
........
........
........
........
|
........
........
........
........
|
2.
LKS
(Lembar Kegiatan Siswa)
LKS
ini disiapkan guru untuk mengetahui kepemahaman siswa terhadap materi yang
telah diajarkan dengan cara mengerjakan secara individu.
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
1. Jelaskan
apa yang kalian tahu tentang pahlawan nasional?
Jawab:.......................................................................................................................
....................................................................................................................................
2.
Jelaskan apa yang
kalian tahu tentang pahlawan revolusi!
Jawab:.......................................................................................................................
....................................................................................................................................
3.
Sebutkan 4 contoh
menghargai jasa pahlawan!
Jawab:........................................................................................................................
.....................................................................................................................................
4.
Sebutkan sikap
kepahlawanan dan patriotisme!
Jawab:........................................................................................................................
.....................................................................................................................................
LAMPIRAN
03: KUNCI JAWABAN
1.
Tabel
“Ayo Cari Tahu”
Pahlawan Nasional
|
Pahlawan kemerdekaan Nasional
|
Pahlawan Revolusi
|
Pahlawan Proklmator
|
1. Pangeran Diponegoro
2. Tuanku
Imam Bonjol
3. Sultan
Hasanudin
|
1. R.A
Kartini
2. Ki
Hajar Dewantara
3. Jendral
Soedirman
|
1. Jendral
A. Yani
2. Brigadir
Jendral D.I Panjaitan
3. Mayor
Jendral S Parman
|
Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta
|
2.
LKS
(Lembar Kerja Siswa)
1. Pahlawan
Nasional adalah mereka yang berjuang membela bangsa dari kekejaman bangsa
penjajah.
2. Pahlawan
Revolusi adalah mereka yang gugur pada peristiwa G 30 S /PKI.
3. Contoh
menghargai jasa pahlawan:
a. Memakamkan
mereka di tempat yang terhormat.
b. Mengabadikan
nama-nama mereka pada sebuah sekolah, rumah sakit maupun nama suatu jalan.
c. Membangun
tugu peringatan, monumen atau patung untuk mengenang dan menghormati jasa
mereka.
d. Berziarah
ke taman makan pahlawan
4. Sikap
kepahlawanan dan patriotisme
a. Sikap
rela berkorban.
b. Bersedia
Meminta dan Memberi Maaf
c.
Berjiwa Besar
LAMPIRAN
04: PENILAIAN
1. Penilaian 1 (tanya jawab interaktif dalam
kegiatan pembelajaran)
·
Soal/instrumen

·
Format
Penilaian
No
|
Nama
|
Pertanyaan
|
Nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*berilah tanda
silang (X) di salah satu no. pertanyaan yang berhasil siswa jawab
2. Penilaian 2 (Mengisi tabel “Ayo Cari Tahu”
dengan menempel gambar)
·
|
No.
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Keberanian
|
Ketepatan Jawaban
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
dst...
|
|
|
|
|
|
·
Lembar penilaian
·
Kriteria penskoran
1
|
Sangat
Kurang
|
2
|
Kurang
|
3
|
Cukup
|
4
|
Baik
|
5
|
Sangat
Baik
|

3.
(Penilaian
individu dengan mengerjakan LKS)
Penilaian
Tes tulis (Individu)
·
|
· Kriteria Penilaian :
Jawaban benar,
tepat, dan logis masing-masing nomor
mendapat skor 25
· Lembar
Penilaian :
No.
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Keterangan
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar